CAHAYA MULTIMEDIA
this site the web

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memotret

Hal Penting yang perlu diperhatikan sebelum memotret. Bagi anda yang gemar memotret dengan mode auto, mungkin artikel ini tidak terlalu berguna karena sistem software pada kamera anda akan menyediakan semua kebutuhan anda saat berada dalam auto mode. Namun, untuk para pemula yang masih mendalami fotografi khususnya yang mulai move on dari auto mode, artikel ini sangat bermanfaat untuk anda.
Untuk menghindari kesalahan-kesalahan kecil seperti salah setting ISO yang seharusnya menggunakan ISO 200 pada siang bolong tapi anda menggunakan ISO 1200, atau menggunakan White Balance pada saat cerah anda perlu mempersiapkan secara sempurna settingan kamera anda sebelum anda mulai membidik gambar dan memencet tombol "capture".
Dan dalam artikel kali ini, kita akan membahas lima hal dasar yang perlu anda lakukan sebelum mulai mengambil gambar dengan kamera kesayangan anda:
1. Pastikan Settingan Mode Exposure Kamera Cocok dengan Kegiatan Memotret Anda
Pada kamera SLR atau kamera pocket, biasanya tersedia beberapa pilihan menu untuk mode eksposur yang
akan anda pilih: Manual – Aperture Priority – Shutter Priority – Mode Program dan ada beberapa preset bawaan dari kamera digital. Dan yang paling penting adalah pastikan bahwa anda sudah benar-benar mengetahui mode mana yang cocok dengan kondisi saat anda akan memotret.
2. Periksa Setting White Balance Anda
Lebih baik gunakan setting white balance yang sesuai kondisi, atau jika anda nyaman dengan setingan bawaan kamera, biarkan set white balance pada posisi auto.
3. Hidupkan Highlight Warning Kamera
Cara ini terbilang ampuh untuk menghindari foto-foto yang over exposure. Highlight warning adalah sebuah penanda yang muncul pada layar LCD kamera jika ada bagian foto yang terbakar alias over exposed. Selain menggunakan fasilitas highlight warning, anda juga dapat memeriksa histogram pada tampilan LCD kamera digital anda.
4. Periksa Setting ISO
Setting ISO merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam menentukan seberapa peka sensor kamera terhadap cahaya yang masuk, semakin tinggi angka ISO maka sensor akan semakin peka. Setting ISO yang digunakan untuk memotret pada ruangan dengan cahaya minim akan berbeda dengan setting ISO pada kondisi cahaya yang cerah. Pelajari lebih lanjut tentang
setting ISO
5. Periksa Setting Ukuran dan Format Foto
Dalam memotret ratusan bahkan ribuan foto sekaligus, seperti misalnya saat anda memotret sebuah acara penting , tentunya akan membutuhkan pengaturan ukuran foto khusus bila dibandingkan dengan memotret keluarga di studio , apalagi jika kapasitas kartu memori yang anda miliki terbatas.
Untuk format foto, ada dua pilihan format yang dapat anda pilih yaitu JPG atau RAW juga sangat wajib dipertimbangkan sebelum memulai sesi foto anda .
6. Cek Ruang Penyimpanan pada Kamera Anda
Sebelum memulai sesi foto sebaiknya cek dahulu sisa ruang penyimpanan pada kamera anda, jangan sampai hanya karena ruang penyimpanan telah penuh karena anda lupa memindahkan file sebelunya aktifitas hunting anda terhenti.
Nah, keenam hal diatas adalah trik dasar yang peru anda lakukan sebelum memulai sesi foto anda.